Beranda » Portofolio » e-BPHTB Kabupaten Madiun

e-BPHTB Kabupaten Madiun

T Diposting oleh pada 23 May 2019

E-BPHTB Online. Penggunaan Sistem Informasi Manajemen BPHTB telah diterapkan oleh DPPKAD (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Ngawi untuk mempermudah pengelolaan data khususnya pada Seksi Pajak BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan), namun pada proses pelayanan pajak terhadap wajib pajak belum difasilitasi dengan sistem informasi pelayanan pajak. Sehingga proses pelayanan pajak masih bersifat manual dimana wajib pajak masih mengumpulkan berkas-berkas persyaratan berbasis kertas yang menimbulkan permasalahan penumpukan berkas-berkas, rentan rusak dan hilangnya berkas-berkas tersebut, terjadinya duplikasi data wajib pajak karena tidak ada basis data wajib pajak, serta minimnya informasi bagi wajib pajak baru untuk melakukan proses penginputan SSPD.

Untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi pada sistem lama dalam organisasi tersebut maka perancangan sistem informasi pengelolaan pajak BPHTB dirasakan perlu dimana sistem pelayanan ini akan memfasilitasi proses pelayanan pajak BPHTB dengan perancangan basis data yang terdiri dari tabel user, Wajib Pajak, Pegawai, SSPD BPHTB, Berkas, Approval dan Transaksi. Serta perancangan tampilan sistem berupa form registrasi wajib pajak dan pegawai, form SSPD, form berkas SSPD, form approval, form transaksi, report SSPD, report bank, report data wajib pajak dan report pegawai.

Untuk bisnis prosesnya, Wajib Pajak dan pegawai wajib mendaftarkan diri sebagai user dalam sistem ini dengan cara mengisi form registrasi, lalu login ke dalam sistem dengan memasukkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk login wajib pajak, NIP (Nomor Induk Pegawai) untuk login pegawai dan Password yang telah didaftarkan sebelumnya. Lalu wajib pajak menginput form SSPD sesuai dengan data objek pajak yang akan diproses pemindahan haknya, lalu mencetak SSPD dan melakukan pembayaran di Bank lalu membawa bukti pembayaran beserta berkas-berkas persyaratan ke kantor DPPKAD Kab Ngawi dimana berkas akan di scan dan diupload ke dalam sistem dalam bentuk digital lalu berkas tersebut akan divalidasi kebenarannya hingga disetujui oleh pejabat pajak. Kegiatan perancangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman HTML dan PHP serta basis data MYSQL

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.