Beranda » Portofolio » SIM-BPHTB Kabupaten Lumajang

SIM-BPHTB Kabupaten Lumajang

T Diposting oleh pada 23 May 2019

SIM-BPHTB. Berlakunya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, membawa beberapa perubahan terhadap implementasi Pajak Daerah. Perubahan ini terlihat dari adanya perluasan basis pajak seperti Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Bumi Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan yang semula merupakan bagian dari Pajak Pusat telah dialihkan menjadi Pajak Daerah.

Dengan adanya perubahan perundang- undangan yang menetapkan bahwa Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) menjadi pajak daerah, maka pemerintah daerah perlu mempersiapkan segalanya dengan sebaik mungkin agar kelak dalam pelaksanaannya tidak ada hambatan berarti yang dapat mengganggu kelancaran proses pembayaran pajak. Oleh karena itu, pemerintah daerah perlu membangun suatu aplikasi sistem informasi manajemen BPHTB untuk menangani proses administrasi maupun transaksi antara wajib pajak dengan petugas pajak sebagai bukti adanya pembayaran pajak yang telah terjadi diantara kedua belah pihak. Aplikasi ini berperan sebagai instrument pelengkap dalam penerapan skema sistem perpajakan PBB dan BPHTB di
pemerintahan daerah secara keseluruhan.

Tersedianya Sistem aplikasi BPHTB yang dirancang dalam membantu penyelenggaraan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, secara tidak langsung memberikan imbas ke dalam efisiensi sistem pengelolaan pendapatan daerah terutama Bumi dan Bangunan. Dari efisiensi sistem pengelolaan ini akan menghasilkan data pendapatan pajak yang akurat dan berkualitas sehingga dapat dilakukan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang terencana yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

 

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.